Pages

Jumat, 07 Januari 2011

Selayang Pandang Tapak Suci KAIRO

KRONOLOGI PERGURUAN SENI BELA DIRI TAPAK SUCI PERWAKILAN KAIRO

A.Pendahuluan
Untaian bunga rampai puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memperkenankan kita menghirup udara segar hingga detik ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa terlantunkan ke haribaan Rasulullah Imam el-Anbiya’ yang telah membawa risalah agung dari Sang Maha Agung.

Hari demi hari kami lewati, terik panas yang begitu tinggi di negeri seribu menara ini,dengan semangat teman-teman yang hanya ingin meningkatkan dan menukar keilmuan tentang ke-TAPAK SUCI-an yang dipelajari dari berbagai tempat yang berbeda ada yang dari pondok, daerah dan lain sebagainya, sehingga teman-teman mempunyai inisiatif untuk mengadakan latihan meskipun tanpa dihadiri oleh siswa ataupun guru seperti layaknya di pondok, akan tetapi karena ini adalah ilmu yang membutuhkan pengulangan-pengulangan yang rutin,agar usaha kami selama ini tidak sia-sia mempelajari ke-TAPAK SUCI-an,sehingga timbullah pada diri teman-teman, bahwa prinsip kita sekarang. kita adalah guru dan kita adalah murid.



Dengan tujuan untuk meningkatkan keilmuan yang ada pada diri teman-teman, dengan kesabaran dan kegigihan sebagai simbol utama kita walaupun kadang-kadang rasa putus asa pun timbul dalam benak kami karena dengan terbatasnya keilmuan yang ada sekarang, akan tetapi rasa putus asa pun seakan–akan hilang bagaikan angin beterbangan di awan, setelah mendengar berita dari saudara Misbahul Munir, sebagai Ketua Perwakilan Cabang Istimewa Muhammadiyah di Mesir bahwasanya akan kedatangan Wakil Ketua PP Muhammadiyah Prof. Dr. Din Syamsuddin beserta rombongan diantaranya Bpk. H. Mukhlas Abror sebagai Ketua Umum PP TAPAK SUCI.

Dengan kedatangan Bapak. H. Mukhlas Abror beserta rombongan, Ust. Masturi Istamar, Lc, salah satu Penasehat dan Pembimbing TAPAK SUCI di Mesir berinisiatif untuk meresmikan TAPAK SUCI Putra Muhammadiyah yang ada di Mesir.

Dengan rasa syukur kami kepada Allah SWT, bertepatan pada tanggal 25 April 2003, Bapak. H. Mukhlas Abror, sebagai Ketua Umum PP TAPAK SUCI meresmikan Perguruan Seni Bela Diri TAPAK SUCI Putera Muhammadiyah sebagai Pimpinan Perwakilan Wilayah Kairo-Mesir.


B.Kegiatan
Seiring dengan diresmikannya TAPAK SUCI Putra Muhammadiyah Perwakilan Cairo oleh Bapak H. Mukhlas Abror, serta mendapatkan kepercayaan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Mesir, untuk menampilkan berbagai jurus yang ada di TAPAK SUCI dalam rangka menyambut perayaan HUT  ke-58 RI  di salah satu gedung pertunjukkan di Mesir (Shalah el Kamil) dengan kapasitas pengunjung +_ 2000 dan dihadiri oleh seluruh staff KBRI dan mahasiswa/I Mesir sehingga mendapatkan respon yang cukup baik dari berbagai pihak, maka Pengurus Pimpinan Seni Bela DiriTAPAK SUCI Putra Muhammadiyah Perwakilan Kairo telah membuka latihan untuk umum baik untuk mahasiswa, pelajar maupun masyarakat Indonesia yang berdomisi di Mesir.

  • Mengadakan Turnamen TAPAK SUCI I bertempat di KBRI
  • Mengadakan Turnamen TAPAK SUCI II bertempat di Gedung Olah raga City gym Cairo dan dihadiri langsung oleh Bpk H Muchdi Purwopranjono.P.Br. selaku Ketua Umum PP TAPAK SUCI.
  • Tampil dalam acara acara kekeluargaan afiliatif,dll
  • Mengadakan ujian kenaikan tingakat atau sabuk.
  • Berperan serta dalam mengadakan ronda malam untuk keamanan masisir.

C.Keilmuan
Adapun keilmuan yang selama ini kami tingkatkan, diambil dari teman-teman yang telah belajar di berbagai pondok almamater (Pondok Modern Gontor, Arrisalah, Darunnajah dll) yang mana mempunyai kelebihan masing-masing baik dari segi jurus-jurus maupun senjata (alat-alat) dan juga diambil dari buku Pedoman TAPAK SUCI dari Tingkat Dasar sampai tingkat Empat yang mana buku tersebut sebagai rujukan kami dalam melatih.
 
1_634989077l.jpg  
 
D.Tempat dan Waktu
Adapun tempat dan waktu untuk latihan TAPAK SUCI dibagi menjadi dua tempat :

01. Bertempat dilapangan Bait Malaysia (komplek asrama malayasia)
02. Bertempat di gedung Sekolah Indonesia Cairo yang sering disebut-sebut oleh mahasiswa/I mesir adalah SIC (Sekolah Indonesia Cairo) yang mana tempat ini digunakan khusus untuk anak-anak SIC, dari SD, SMP, SMA. Adapun latihan dilaksanakan pada hari Ahad dan hari Rabu setelah Ashar menjelang Maghrib, baik bait malayasia maupun di SIC (Sekolah Indonesia Cairo).

E.Tujuan
Adapun tujuan kami membuka latihan ini tak lain dan tak bukan hanya untuk mengamalkan ilmu-ilmu yang kami dapatkan selama belajar di Perguruan Seni Beladiri Indonesia TAPAK SUCI, walaupun dengan dana yang sangat minim tapi kami percaya Allah adalah Maha Penolong atas hambaNya, karena kami ingat pesan dari Bapak.H.Mukhlas Abror ketika meresmikan Seni Bela TAPAK SUCI Putra Muhammadiyah di mesir “ Jadikanlah TAPAK SUCI Putera Muhammadiyah sebagai gerakan Islam untuk berda’wah Amal Ma’ruf Nahi Mungkar bersumberkan kepada Al-qur’an dan Sunnah”

F.Keanggotaan
anggota kita 200 terbagi ke beberapa bagian, anak-anak SIC masisir, mahasiswi Malaysia Mesir.
 
Sumber dari: http://profiles.friendster.com/65983599

1 komentar:

dhani_muslim mengatakan...

berkunjunglah di http://sbkomputer.blogspot.com

antum dapat mendownload macam e-book bermanfaat....

Posting Komentar

"Dengan Iman dan Akhlak Kita Menjadi Kuat, tanpa Iman dan Akhlak Kita Menjadi Lemah"